Jumat, 25 Maret 2011

Aneka Kanker

Selasa, 14/07/2009 14:52 WIB 

Kanker Vulva

img
Foto: repro

Deskripsi
Labia, lubang vagina, lubang uretra, dan klitoris termasuk pada bagian vulva, bagian terluar dari vagina. Kanker Vulva, menyerang pada bagian tersebut. Kanker ini biasanya menyerang wanita yang telah menapause, tidak haid lagi. Oleh karena itu, kanker ini banyak diidap perempuan berusia lebih dari 50 tahun.

Meski penyebab pasti dari kanker ini belum diketahui, ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang mengidappenyakit ini. Kutil kelamin, pernah menderita kanker leher rahim, sifilis, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, berhubungan seksusal di usia dini, berganti-ganti pasangan, merokok, infeksi HIV, peradangan vulva menahun menjaid beberapa faktor yang memungkinkan seorang wanita mengidap kanker ini.

Gejala
Gejala-gejala dari kanker vulva bisa diketahui dengan cukup mudah. Jika di vagina ada benjolan, dan ada penebalan kulit, kemungkinan besar wanita tersebut mengidap kanker vulva. Gejala lain, nyeri ketika berkemih (kencing), dan terasa nyeri saat berhubungan seksual.

Pengobatan
Meski penyakit ini berpotensi menyebabkan kematian, kanker vulva bisa dicegah dengan menghindari semua faktor resiko yang memungkinkan timbulnya penyakit ini. Pencegahan lain berupa pemeriksaan secepat mungkin jika menemukan gejala-gejala penyakit ini.


Rabu, 08/07/2009 15:07 WIB 

Kanker Indung Telur

Deskripsi
Banyak kasus kanker indung telur banyak dialami ol wanita usia 50-70 tahun. Kanker ini menyerang tidak hanya indung telur tapi berpotensi menyebar ke bagian lain termasuk panggul dan perut, bahkan bisa mencapai paru-paru dn hati. Hingga kini penyebabpasti dari kanker ini belum diketahui.

Para dokter memprediksi bahwa ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan terjadinya kanker indung telur. Pemakaian obat kesuburan, pernah mengidap kanker payudara, riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, serta riwayat keluarga yang menderita kolon, diduga menjadi faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya kanker ini.

Gejala
Gejala dari kanker ini bisa diketahui dari keluhan penderita pada bagian bawah perut, ovarium yang membesar, di dalam perut terkumpul banyak cairan, berat badan penderita menurun. Gejala lain bisa berupa, panggul yang terasa berat, siklus menstruasi yang abnormal, dan pendarahan pada vagina.

Pengobatan
Pengangkatan kanker mungkin satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit ini. Baru setelah pengangkatan dilakukan, akar-akar kanker bisa dimusnahkan


Rabu, 08/07/2009 13:16 WIB 

Kanker Prostat

img
Foto: repro

Deskripsi
Kanker Prostat adalah suatu tumor ganas yang tumbuh di dalam kelenjar prostat. Penyakit ini biasa menyerang pria berusia diatas 70 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 tahun.Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria diatas 74 tahun. Penyebabnya tidak diketahui, meskipun beberapa penelitian telah menunjukkan adanya hubungan antara diet tinggi lemak dan peningkatan kadar hormon testosteron.

Gejala
Kebanyakan kanker prostat tidak menimbulkan gejala karena penyebarannya sangat lambat. Pada beberapa kasus, kanker prostat baru terdiagnosis setelah menyebar ke tulang (terutama tulang panggul, iga dan tulang belakang) atau ke ginjal (menyebabkan gagal ginjal). Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang menjadi rapuh sehingga mudah mengalami fraktur (patah tulang).

Meski gejala dini tidak terlihat jelas, pada kebanyakan penderita kanker prostat sering ditemui beberapa tanda-tanda. Antara lain, biasanya air kencing masih menetes-netes, nyeri ketika kencing, nyeri ketika ejakulasi, nyeri punggung bagian bawah, nyeri ketika buang air besar, dan penurunan berat badan.

Pengobatan
Hingga kini belum ditemukan obat paten untuk penyakit ini. Namun para ilmuwan sedang mengembangkan obat baru bernama Abiraterone sebagai obat untuk kanker prostat. 


Rabu, 08/07/2009 12:32 WIB 

Kanker Penis

img
Foto: repro

Deskripsi
Kanker Penis adalah keganasan pada penis. Diduga penyebabnya adalah smegma (cairan berbau yang menyerupai keju, yang terdapat di bawah kulit depan glans penis). Tetapi penyebabnya yang pasti tidak diketahui. Pria tidak disunat yang tidak menjaga kebersihan daerah di bawah kulit depan glans penis dan pria yang pernah menderita herpes genitalis memiliki resiko tinggi menderita kanker penis.

Gejala
Gejalanya berupa luka pada penis, luka terbuka pada penis, nyeri penis dan perdarahan dari penis (pada stadium lanjut).

Pengobatan
Pengobatan kanker penis bervariasi, tergandung kepada lokasi dan beratnya tumor: Kemoterapi, Pembedahan, terapi penyinaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar